Kamis, 21 Maret 2013

suzuki RM-Z250

Masuk pertengahan tahun 2012 ini, Suzuki memperkenalkan versi terbaru dari dua trail kompetisi andalannya. Yaitu RM-Z450 dan RM-Z250 terbaru. Bukan cuma tampilan, perubahan paling besar justru ada pada suspensi, mesin dan rangka.

"RM-Z450 dan RM-Z250 adalah model motocross injeksi terbaik yang pernah dibuat," buka Steve Bortolamedi, Suzuki Senior Communications Manager. "Formasi 2013 ini memiliki fitur dan teknologi baru yang dirancang untuk mendominasi sirkuit balap dan melanjutkan tradisi juara, itu adalah inti dari semua produk Suzuki," lanjutnya percaya diri.

Paling mencolok adalah perubahan suspensi depan-belakang. Kalau pada Honda, Yamaha dan Kawasaki sokbraker dengan menggunakan Kayaba pneumatic spring forks terbaru, Suzuki malah pakai Showa separate function forks.

Suspensi depan baru ini memisahkan fungsi redaman dan per dalam selongsong tabung sokbraker yang berbeda. Menurut Suzuki sokbraker depan fully-adjustable ini punya bobot lebih ringan, gesekan yang lebih kecil serta kemampuan menyerap getaran lebih baik.


Sedang untuk mesin, RM-Z250 terdapat penyempurnaan pada piston, kruk as, pin piston dan pengembangan terbaru pada camshaft atau noken as. Efek dari semua ini adalah tenaga di putaran tengah jadi lebih galak. Torsi juga akselerasinya diklaim meningkat, apalagi setelah Suzuki menambahkan transmisi 5 percepatan baru dan mekanisme kopling terbaru.

Selain itu sistem injeksi bahan bakar baru sengaja dikembangkan untuk mempercepat respon ECU memerintahkan semprotan bahan bakar ke injektor. Pada rangka, pengembangan terpusat pada mengatur ulang kekakuan rangka, keseimbangan dan kemudahan pengendalian yang lebih gesit juga stabil.

Tak jauh beda dengan RM-Z250, RM-Z450 juga mendapatkan perubahan yang relatif sama pada mesin dan rangkanya. Yang beda, kini RM-Z450 memiliki setelan pada sistem injeksinya. Mau lebih kaya bahan bakar bisa dilakukan hanya dengan memutar tombol saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar